MERASA SUCI DARI DOSA ORANG LAIN

Ditulis Oleh: Mukhlisin Abu Uwais

Silahkan mengingkari kemungkaran, bahkan itu bagian dari keimanan, namun bukan dengan meremehkan dosa orang lain seakan engkau akan selamanya suci darinya dan tak mungkin terjatuh dalam fitnah yang sama sangking hebatnya dirimu.

Al-Imam Ibnul Qayyim –rahimahullah- berkata:

وَكُلُّ مَعْصِيَةٍ عُيِّرَتْ بِهَا أَخَاكَ فَهِيَ إِلَيْكَ يَحْتَمِلُ أَنْ يُرِيْدَ بِهِ أَنَّهَا صَائِرَةٌ إِلَيْكَ وَلاَ بُدَّ أَنْ تَعْمَلَهَا

Artinya: “Setiap maksiat yang dijelek-jelekkan pada saudaramu, maka itu akan kembali padamu. Maksudnya, engkau bisa dipastikan melakukan dosa tersebut”. (Madarijus Salikin [I/176]).

Seorang ulama bernama Ibrahim An-Nakha’i berkata:

إِنِّي لأَرَى الشَّيْءَ أَكْرَهُهُ ، فَمَا يَمْنَعُنِي أَنْ أَتَكَلَّمَ فِيهِ إِلا مَخَافَةَ أَنْ أُبْتَلَى بِمِثْلِهِ

Artinya: “Aku melihat sesuatu yang aku tidak sukai, maka tidak ada yang menahanku untuk berkomentar dan membicarakannya kecuali karena aku khawatir aku yang malah akan ditimpa masalah seperti itu dikemudian hari”. (HR. Ibnu Abid Dunya dalam kitab Ash-Shamt).

|Kotaraya, Sulawesi Tengah. Selasa, 02 Jumaadal Uula 1440 H/08 Januari 2019 M. (Artikel Ini Pernah Dimuat Dalam Akun Facebook Abu Uwais Musaddad Pada Status No. 1205).
______
Dukung Dakwah Pesantren Minhajussunnah Al-Islamiy Desa Kotaraya Sulawesi Tengah Dengan Menjadi DONATUR.

REKENING DONASI: BRI. KCP. KOTARAYA 1076-0100-2813-504 a.n. MUKHLISIN, Konfirmasi ke nomer HP/WA 085291926000

PROPOSAL SINGKAT DI http://minhajussunnah.or.id/santri/proposal-singkat-program-dakwah-dan-pesantren-minhajussunnah-al-islamiy-kotaraya-sulawesi-tengah/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *