Bisnismu Stagnan? Atasi Segera dengan Cara Ini

bisnis-stagnan

Bisnis yang sehat adalah bisnis yang tumbuh dan terus mengembangkan diri. Sebetulnya tidak ada kata stagnan, pilihannya hanya dua, bisnis sehat atau bisnis sakit, tidak ada pilihan kecuali diantara kedua itu. Jika Anda mengalami stagnansi, Anda harus waspada karena itu adalah sirine akan datangnya bahaya karena tidak normalnya bisnia Anda. Banyak bisnis yang beroprasi di garis merah, artinya mereka seolah terlihat sehat tetapi saat gelombang ekonomi atau bencana ekonomi datang, mereka ditebas habis, bangkrut tak tersisa.

 

Untuk itu, stagnansi dapat kita artikan sebagai kemunduran alih-alih kita katakan tidak bergerak atau tidak maju maupun mundur karena waktu terus berjalan tanpa bisa kita prediksi perubahan apa yang akan terjadi kedepan. Namun jika stagnansi terjadi di perusahaan Anda, Anda harus melakukan hal-hal berikut.

 

Identifikasi Masalah

Pertama, tentukan terlebih dahulu apa yang benar-benar menjadi masalah di perusahaan Anda. Jangan sampai Anda menylesaikan masalah yang ternyata hal itu bukanlah masalah, tentunya hal ini hanya akan membuat kacau. Masakah yang umum terjadi adalah produktifitas yang rendah. Dalam hal ini, cari tahu terlebih dahulu mengapa produktifitas sangat rendah kemudian atasi. Hal ini lebih baik ketimbang merekrut orang lagi untuk meningkatkan produktifits. Mencari masalah ke pangkalnya sehingga kita dapat menyelesaikan masalah yang tepat.

 

Review Strategi Pemasaran

Pemasaran merupakan hal utama dalam perusahaan, sedikit saja masalah dalam pemasaran dapat menyebabkan usaha Anda gulung tikar. Lakukan inovasi baru dalam pemasaran dengan cara cara baru yang kreatif yang menarik pelanggan  untuk datang. Pastikan penawaran Anda menarik, memasarkan kepada orang yang tepat, dalam jumlah yang banyak dan dengan cara yang tepat.

 

Kaji ulang system

Sistem merupakan hal yang sensitif, untuk itu perhatikan hal ini dengan seksama apa yang salah dalam sistem perusahaan Anda. Jangan sampai hanya karena hal sepele yang mengganjal siatem Anda dapat menghentikan perusahaan Anda. Cari tahu bagaimana sistem perusahaan yang telah maju atau saingan Anda bagaimana mereka beroprasi kemudian  jalankan diperusahaa Anda jika seandainya lebih baik. Ingat, perubahan kecil dapat berdampak besar untuk kedepannya, maka sistem harus terus dijaga dan dikontrol dengan baik dan benar dalam pengawasan.

 

Merekrut orang yang tepat

Merekrut orang yang salah dapat menjadi bencana yang besar bagi perusahaan. Banyak sekali perusahaan perusahaan besar yang lenyap hanya karena mereka merekrut orang yang tidak tepat. Untuk itu pastikan Anda merekrut orang yang tepat dengan 3 kriteria yaitu:

  1. Passion
  2. Integeity
  3. Skill

Dengan memikiki karyawan yang memiliki passion, integrity, dan skill (disingkat PIS), inilah karyawan yang dapat menjadikan Anda peace (damai). Namun tidaklah mudah untuk mendapatkan orang seperti ini, untuk itu coba konsultasikan ke HRD Anda dalam hal ini.

 

Tindakan pencegahan

Cara terbaik menghindari hal yang tidak diinginkan adalah mencegah hal itu terjadi. Pencegahan dapat dilakulan dengan cara mencek perkembangan perushahaan apakah sudah mecapai target atau belum, jika belum, cobalah untuk mengidentifikasi masalah sebagaimana tahap pertama pada artikel ini. Jangan takut upaya pencegahan akan menguras uang Anda, bagaimanaapun mencegah penyakit jantung lebih mudah dan murah ketimbang mengobati penyakit jantung. Demikian pula bisnis Anda pastikan dalam keadaan sehat sehingga saat ada masalah kecil, akan mudah untuk dikenali dan diatasi dengan segera.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *